Tips Sedekah di Masa Pandemi

Sedekah di Masa Pandemi

Sedekah di Masa Pandemi – Pandemi sangat banyak menimbulkan dampak buruk khususnya bagi perekonomian. Banyak orang yang terpaksa kehilangan pekerjaan serta aktivitas di luar rumah menjadi di terbatas. Hal ini, tentu saja dilakukan demi mencegah penularan dan merupakan langkah untuk menghentikan pandemi. Meskipun begitu, anda masih bisa menambah pahala dengan bersedekah. Justru saat inilah saat yang tepat bagi kita untuk saling membantu satu sama lain.

Seperti yang telah disebutkan dalam hadits riwayat  Muslim yang berbunyi : “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.”  

Memberikan sedekah tidak akan mengurangi harta justru akan menambah amal ibadah kita. Berikut ini adalah Tips sedekah di masa pandemi yang bisa anda lakukan :

Mulai Dari Kerabat Dekat

Saat hendak memberikan sedekah, maka yang utama adalah saudara atau kerabat dekat terlebih dahulu dari pada orang lain. Tanyakan kepada saudara atau kerabat anda  yang mungkin sedang membutuhkan, anda bisa mulai membantunya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Berikan Makanan Kepada Tetangga Sekitar Rumah

Bersedekah tidak hanya menggunakan uang saja, anda bisa membagi masakan anda dengan tetangga dekat anda. Selain untuk berbagi, hal ini juga bisa memperkuat hubungan antar tetangga karena tetangga merupakan orang terdekat dari rumah kita, jadi sudah seharusnya kita membina hubungan yang baik dengan mereka.

 Bersedekah Secara Online

Jika takut keluar rumah, anda masih bisa bersedekah dengan cara online. Saat ini sudah banyak website atau platform di dunia maya yang bisa menjadi jalur sedekah. Salah satunya adalah website ykbik.or.id

Ykbik atau Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat adalah lembaga Penyelenggara layanan sosial dan layanan pendidikan untuk yatim dan dhuafa melalui pemberdayaan dana Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf (ZISWAF), serta dana lainnya yang halal dan legal, disalurkan kepada mereka yang berhak/mustahiq dalam bentuk bantuan sosial, bantuan pendidikan dan biaya pendidikan serta layanan kesehatan. 

Ykbik adalah lembaga terpercaya yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 2009, tepat hari kemerdekaan Indonesia. Ykbik telah terdaftar di Dinas Sosial Kota Bekasi dan Provinsi Jawa Barat, serta legalitas dari BAZNAS Kota Bekasi, sebagai Unit Pengelola Zakat, dengan demikian YKBIK dapat membantu menerima dan menyalurkan dana zakat untuk disalurkan kepada para penerima manfaat dalam bentuk layanan sosial.

Nah, itulah beberapa Tips Sedekah di Masa Pandemi yang bisa anda lakukan tanpa jauh-jauh keluar rumah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *