Amalan Bulan Syawal yang Dianjurkan

amalan bulan syawal

Amalan Bulan Syawal – Bulan Syawal adalah bulan terbaik setelah Ramadhan, maka dari itu sangat dianjurkan bagi umat islam untuk tidak berhenti melakukan ritual dan ibadah.

Bulan Syawal merupakan tanda kemenangan bagi seluruh umat Islam setelah berpuasa di bulan Ramadhan. Berikut merupakan amalan yang biasa dan dianjurkan dilakukan pada bulan Syawal diantaranya :

1. Itikaf

Melakukan I’tikaf juga dianjurkan untuk dilakukan pada bulan selain bulan Ramadhan yaitu bulan syawal. Itikaf menurut wikipedia merupakan  berdiam diri di masjid dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridaan Allah dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya.

2. Puasa 6 Hari

Puasa enam hari pada Syawal setara dengan puasa selama satu tahun, yang merupakan amalan yang sangat mulia. Puasa Syawal menunjukkan bahwa Allah SWT menerima amalan ibadah di bulan Ramadhan, dan merupakan tanda syukur hingga Allah SWT mengampuni.

baca juga: Bakti Sosial Syawalan YKBIK 2021

3. Shalat Idul Fitri

Bulan Syawal sebagai bulan kemenangan, karena pada awal bulan Syawal yaitu tanggal 01 Syawal dilakukan shalat idul fitri, karena shalat idul fitri tidak dapat dikerjakan pada bulan lain.

4. Menyantap Kurma

Sebelum melakukan ibadah shalat idul fitri, dianjurkan untuk menyantap kurma

5. Silaturahmi

Silaturahmi adalah kebiasaan bulan Syawal dengan saling bermaaf maaf an sesama umat islam salah satu caranya dengan saling mengunjungi.

6. Meningkatkan Ibadah

Bulan syawal adalah bulan yang dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah, karena syawal sendiri secara harfiah memiliki arti peningkatan.

7. Memperbanyak Puasa Sunnah

Memperbanyak puasa sunnah merupakan salah satu yang amalan bulan syawal dianjurkan juga.

8. Bersedekah

Bersedekah kepada anak anak yatim dan juga fakir miskin merupakan salah satu amalan yang mulia. Selain itu juga dianjurkan untuk melaksanakan doa dan dzikir bersama sebagai bentuk rasa syukur dan agar mendapat keberkahan dari Allah SW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *