Bantuan Apakah Yang Sangat Dibutuhkan Oleh Korban Bencana Alam?

Bantuan apakah yang sangat dibutuhkan oleh korban bencana alam

Bantuan apakah yang sangat dibutuhkan oleh korban bencana alam? Pertanyaan ini mungkin ada dibenak anda dan semua orang yang menyaksikan berita di berbagai media akhir-akhir ini. Seperti yang sudah kita tahu bahwa awal tahun ini diiringi dengan berbagai bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Bencana alam seperti banjir, longsor, gunung meletus dan lainnya mewarnai awal tahun yang seharusnya diisi dengan berbagai rencana. Belum lagi dengan pandemi yang masih belum mereda.ย 

Bagi seseorang yang mengalaminya tentu hal ini akan berdampak cukup besar dan membuat kesulitan tersendiri. Mereka perlu uluran tangan kita untuk setidaknya meringankan beban yang sedang mereka hadapi.ย 

Lantas, bantuan apakah yang sangat dibutuhkan oleh korban bencana alam itu?

Jika kita tidak bisa menyumbang dalam bentuk uang maupun tenaga, kita masih bisa mendonasikan barang-barang berikut ini karena sangat dibutuhkan di pengungsian. Berikut adalah jenis bantuan yang bisa anda salurkan :

1. Kebutuhan Pokok

Hal ini krusial, karena orang-orang di pengungsian akan membutuhkan makan, minum hingga peralatan MCK seperti sabun dan lainnya. Selain sembako, ada juga pakaian dan selimut yang sangat dibutuhkan agar mereka tidak kedinginan saat berada di pengungsian. Untuk bayi, peralatan seperti popok dan baju bayi sudah tentu sangatlah dibutuhkan. Anda bisa menyumbangkan salah satu jenis atau semua jenis barang yang sangat dibutuhkan oleh mereka.

2. Bantuan Peralatan Darurat

Peralatan darurat yang diperlukan bisa berupa tenda untuk pengungsian, genset listrik, lampu penerangan, Peralatan dapur dan makan, Pompa air dan sebagainya yang bisa membantu dan menopang kebutuhan di pengungsian.

3. Bantuan Transportasi

Alat transportasi sangat dibutuhkan bukan hanya untuk membantu memindahkan korban bencana alam ke lokasi aman tetapi juga dibutuhkan untuk mengangkut bantuan seperti sembako dan peralatan bantuan lainnya.

Selain bantuan di atas, anda juga masih bisa mendonasikan berbagai bentuk atau jenis donasi selama hal itu dibutuhkan. Bagi anak-anak korban bencana alam, anda juga bisa menyumbangkan mainan anak-anak agar mereka tetap ceria meski berada di tengah bencana yang sedang terjadi.ย 

Bantuan serta doa tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang tertimpa bencana. Sebagai sesama manusia, sudah sepantasnya kita untuk saling berbagi dan melindungi satu sama lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *