Tata Cara Mengusap Kepala Anak Yatim

Tata Cara Mengusap Kepala Anak Yatim

Tata Cara Mengusap Kepala Anak Yatim – Ada beberapa ayat dalam Al-Qur’an yang menuntun kita untuk berbuat baik kepada semua anak yatim, dengan bersedekah, menyayangi, tidak berteriak dan tidak menyakiti. Salah satu bentuk kebajikan yang dianjurkan, khususnya di bulan Muharram di hari Asyuro, mengusap kepala sebagai rasa peduli dan kasih sayang.

Selain itu, mengusap kepala anak yatim juga membawa banyak kebajikan dan kebaikan. Berdasarkan beberapa sejarah, setidaknya ada empat keutamaan dalam mengusap kepala anak yatim piatu.

Pertama: Setiap helai rambut anak yatim piatu yang diusap dengan tangan memberikan berkah dan pahala dari Allah SWT. Ini berdasarkan hadits Imam Ahmad dan Imam al-Thabrani dari Abu Umamah Rasulullah SAW Bersabda :

من مسح رأس يتيم لا يمسحه الا لله كان له بكل شعرة تمر يده عليها حسنة

Barangsiapa mengusap kepala anak yatim semata-mata karena Allah, maka setiap rambut yang ia usap memperoleh satu kebaikan.

Tata Cara Mengusap Kepala Anak Yatim
image credit : rihlatuna.blogspot.com

Kedua, mengusap kepala anak yatim piatu bisa meredakan kecemasan dan sikap keras kepala. Ia berkata: Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah:

Sesungguhnya seorang lelaki mengadu pada Nabi Saw tentang hatinya yang keras, maka Nabi Saw bersabda; Berilah makanan kepada orang miskin  dan usaplah kepala anak yatim.

Ketiga, setiap helai rambut anak yatim piatu yang diusap dapat mengangkat derajat kita di hadapan Allah SWT. Ini berdasarkan hadis riwayat yang disebutkan dalam kitab Tanbihul Ghafilin berikut :

وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً

Barang siapa yang mengusap kepala anak yatim dengan tangannya  di hari Asyura, maka Allah akan mengangkat derajatnya dengan setiap rambut yang diusap.

Keempat, mengusap kepala anak yatim bisa melembutkan hati dan menyebabkan terkabulnya hajat. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Thabrani dari Abu Al-Darda’, dia berkata;

أتحبُّ أن يلينَ قلبُكَ ، وتدركَ حاجتَك ؟ ارحَمِ اليتيمَ ، وامسَح رأسَه ، أطعِمْهُ من طَعامِك ؛ يَلِنْ قلبُك ، وتُدركْ حاجتَكَ

Apakah kamu ingin hatimu lembut dan hajatmu terkabul? Sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, berilah ia makan dari makananmu, maka hatimu akan lembut dan hajatmu akan terkabul.

Itulah tata cara mengusap kepala anak yatim 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *