Tata Cara Berkunjung ke Panti Asuhan

tata cara berkunjung ke panti asuhan

Tata Cara Berkunjung ke Panti Asuhan – Panti asuhan atau panti jompo merupakan tempat yang paling disukai untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan, baik berupa uang maupun materi.

Namun tidak semua orang atau pun donatur yang datang ke panti asuhan mengerti dan memahami tata cara berkunjung ke panti asuhan. Apa saja yang boleh dilakukan dan tidak pantas dilakukan.

Mengingat sebagai penerima tamu, tentu nya pihak panti pasti menunjukkan sikap menerima dengan ikhlas tamu yang datang sebagai pihak yang memerlukan bantuan.

Tidak sedikit tamu ataupun donatur yang datang ke panti menunjukkan sikap yang kurang etis dan kurang pantas dilakukan di sebuah panti asuhan.

Untuk itu alangkah lebih baik bila sebelum berkunjung ke panti asuhan memahami hal hal berikut ini :

1. Lepaslah Alas Kaki (Sepatu dan Sandal)

Seburuk apapun tempat yang anda kunjungi, ingat tempat tersebut merupakan tempat tinggal anak anak yatim tersebut.Β 

Seperti halnya kita bila menerima tamu dirumah kita, maka sebaiknya lakukan hal yang sama bila kita bertamu ke panti asuhan yaitu untuk melepas alas kaki. Terlihat sederhana namun banyak donatur ataupun orang yang berkunjung ke panti tidak melepas alas kaki.

kegiatan di panti asuhan

2. Jika Ingin Melihat Seluk Beluk Bangunan Panti, Maka Izinlah Terlebih Dahulu

Pihak panti asuhan selalu menunjukkan sikap hormat kepada siapapun yang datang berkunjung ke panti terutama untuk memberikan donasi.Β 

Namun bukan berarti anda bebas melakukan hal hal lain termasuk berkeliling untuk melihat lihat seluruh ruangan di panti asuhan. Jika ingin melihat lihat maka sebaiknya mintalah izin terlebih dahulu dengan lemah lembut dan sopan. Dengan begitu pasti pihak panti memberikan izin bahkan akan menemani anda untuk berkeliling.

3. Jangan Meminta Anak Asuh untuk melakukan Pertunjukan

Bila maksud anda untuk mengajak mereka bermain dan berinteraksi, cobalah berinteraksi melalui dua arah. Jangan meminta mereka untuk melakukan pertunjukkan seperti bernyanyi atau menari, kecuali mereka yang menawarkan diri untuk melakukan pertunjukkan.

4. Perhatikan Waktu Kunjungan

Sebelum berkunjung ke panti asuhan, alangkah baiknya menghubungi pihak panti asuhan terlebih dahulu untuk menanyakan waktu yang tepat dan cocok untuk berkunjung ke panti asuhan. Jangan sampai kita mengunjungi panti asuhan disaat yang tidak tepat karena akan mengganggu istirahat ataupun rutinitas sehari hari.

5. Sesuaikan Kapasitas Pengunjung

Bila berkunjung ke panti asuhan ajak saja beberapa teman, bila anda mengatasnamakan suatu kelompok maka jangan berkunjung secara rombongan.Β 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *