Macam Macam Kegiatan di Panti Asuhan

kegiatan di panti asuhan

Kegiatan di Panti Asuhan – Menurut Kementerian Sosial Republik Indonesia Panti Sosial Asuhan anak adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas,tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadian sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita- cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif dalam bidang pembangunan nasional.

Lembaga pelayanan sosial ini bisa dibentuk oleh pemerintah atau masyarakat. Ini bertujuan untuk melakukan, dan membantu beberapa orang atau sekelompok orang untuk membantu kebutuhan hidupnya. 

Secara khusus, ini merujuk pada panti asuhan untuk merawat yatim atau anak yatim piatu. Kehadiran anak-anak kurang mampu di panti sosial ini menjadi pengingat bagi siapapun untuk tetap bersyukur. Di tengah semua hal yang masih bisa Anda rasakan, masih ada orang orang yang tidak bisa menikmati. 

Padahal anak panti asuhan  memerlukan kebutuhan mendasar seperti makan tiga kali sehari, pakaian yang pantas, dan rumah tempat tinggal.

Lalu apa saja Kegiatan di Panti Asuhan ?

Hadits Tentang Menyantuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

1. Bermain Bersama Anak Panti 

Anda bisa melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak-anak di sana. Cobalah membuat serangkaian aktivitas menyenangkan yang mencakup beberapa permainan kelompok. Anda bisa menggunakan beberapa jenis permainan yang sering digunakan dalam aktivitas luar ruangan.

Misalnya, game mengirim pesan berantai atau membuat bingo dari daftar objek atau nama. Anda bahkan bisa membuat mereka menyanyi dan menari terutama mengikuti musik. Ingin sesuatu yang lebih baru? Pelajari beberapa gerakan tarian viral dari aplikasi dan buat video bersama.

2. Pengajian

Meskipun Anda bisa mengaji dengan siapa pun, menghabiskan waktu bersama anak yatim piatu akan menciptakan suasana hati yang berbeda. 

Ayat ayat suci mereka lantunkan akan membuat tenang dan berpengaruh. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan berbagai acara kegiatan, termasuk mengaji dengan anak anak yang membutuhkan. Doa anak yatim piatu akan mengingatkan Anda bahwa untuk mencintai dan hormat orang tua saat masih hidup.

3. Berbagi Bingkisan Kepada Anak Anak Yatim

Anda dapat mengajak keluarga dan kerabat untuk berbagi kepada anak anak panti asuhan baik berupa barang maupun uang tunai. Anda bisa bertanya kepada pengelola panti tentang kebutuhan apa saja yang sedang dibutuhkan oleh anak anak misalkan buku, seragam, peralatan ibadah dan lain lain.

4. Berbagi Ilmu 

Anda juga bisa berbagi ilmu dan materi penting dengan penghuni panti asuhan. Lakukan sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda saat ini. Misalnya, Anda belajar psikologi. Anda dapat berbagi informasi tentang pentingnya penerimaan diri sendiri. Jika Anda mempelajari ilmu kesehatan, materi pendidikan seks juga menarik.

Padahal, belajar menggambar atau melukis bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mengajar mendaur ulang kotak plastik atau kotak kemasan menjadi barang yang berguna, atau membuat kerajinan juga bisa meningkatkan keterampilan, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *