Sedekah Yang Benar Kepada Siapa?

Sedekah yang benar kepada siapa

Sedekah yang benar kepada siapa – Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang macam-macam sedekah yang perlu untuk anda ketahui. Lantas, muncul pertanyaan sedekah yang benar kepada siapa? Karena hendaknya memberikan sedekah itu harus kepada orang yang sedang membutuhkan sehingga tepat sasaran. 

Nah, berikut ini kami rangkum golongan orang yang berhak menerima sedekah, antara lain :

1. Keluarga

Sedekah kepada keluarga lebih diutamakan dibandingkan orang lain karena keluarga adalah orang terdekat kita. Dalam hal ini keluarga yang termasuk ke dalam kategori fakir, miskin, atau yang mempunyai banyak hutang. Akan tetapi,  Kategori ini mengikuti standarnya orang yang berhak menerima sedekah, dan bukan yang tidak mampu secara strata sosial yang kemungkinan berbeda-beda setiap wilayahnya.

2. Tetangga 

Setelah keluarga, tetangga merupakan orang terdekat berikutnya yang berhak menerima sedekah. Bentuk sedekah tidak hanya melalui sejumlah harta saja, namun juga bisa dalam bentuk lain. Misalnya, jika anda memasak maka berikanlah sebagian masakannya kepada tetangga karena bisa saja tetangga kita sedang kesulitan dan belum makan. Dengan itu kita bisa berbagi dan tali silaturahmi pun semakin terjalin.

3. Salurkan Sedekah Melalui Lembaga Terpercaya

Lembaga penyalur sedekah seperti zakat dan lainnya bisa menjadi sarana untuk anda agar sedekah yang anda salurkan tepat sasaran. Namun, pastikan anda menyalurkan sedekah pada lembaga terpercaya. 

Salah satu lembaga penyalur sedekah adalah Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat. Kami merupakan lembaga Penyelenggara layanan sosial dan layanan pendidikan untuk yatim dan dhuafa melalui pemberdayaan dana Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf (ZISWAF), serta dana lainnya yang halal dan legal, disalurkan kepada mereka yang berhak/mustahiq dalam bentuk bantuan sosial, bantuan pendidikan dan biaya pendidikan serta layanan kesehatan.

Dana yang disalurkan pada lembaga Ykbik akan disalurkan kepada anak yatim, dhuafa dan orang yang membutuhkan lainnya. Jadi anda tak perlu khawatir dana akan hilang atau tidak disalurkan kepada yang semestinya.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *