5 Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan Yang Bisa di Tunaikan

sedekah di bulan ramadhan

Sedekah di Bulan Ramadhan – Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu kehadirannya karena merupakan bulan penuh rahmat dimana pahala kebaikan akan dilipatgandakan. Pada bulan inilah banyak yang berlomba-lomba mengerjakan ibadah seperti puasa, shalat tarawih, membaca alquran termasuk juga dengan bersedekah. 

Pada bulan ramadhan banyak hal yang bisa kita sedekahkan. Seperti pada 5 bentuk sedekah di bulan ramadhan berikut ini yang bisa kita tunaikan untuk memberi kepada sesama :

1. Menyediakan hidangan berbuka

Salah satu bentuk sedekah di bulan ramadhan adalah dengan menyediakan hidangan untuk berbuka puasa. Pahala yang didapat akan berlipat ganda karena kita menyediakan hidangan berupa makanan dan minuman bagi orang-orang yang sedang berpuasa. Kita bisa menyediakan hidangan berbuka di Masjid, dijalan, atau dimanapun.

2. Berbagi Takjil

Berbagi takjil juga termasuk ke dalam sedekah di bulan ramadhan, dimana kita bisa berbagi takjil untuk berbuka puasa kepada siapa saja. Seperti tetangga atau orang-orang di jalan, dimana biasanya orang yang dalam perjalanan tidak memiliki cukup waktu untuk berbuka puasa di rumah. Nah, pada saat inilah pemberian takjil akan sangat bermanfaat bagi mereka yang hendak berbuka namun masih terjebak dengan rutinitas. 

3. Berbagi Ilmu

Sedekah tidak harus dengan mengeluarkan uang atau makanan saja, salah satu sedekah yang bisa dilakukan adalah dengan berbagi ilmu yang bermanfaat kepada teman, rekan kerja atau keluarga. Sehingga dengan ilmu yang kamu berikan akan memberikan manfaat bagi sesama. 

4. Memberikan Paket Hari Raya

Bulan ramadhan identik dengan parcel atau paket bingkisan lebaran. Berbagi sedekah dengan menggunakan paket hari raya tentu akan sangat bermanfaat terutama bagi yang tidak ‘berkecukupan’. Sehingga dengan memberikan paket hari raya, suka cita hari raya akan dirasakan oleh orang tersebut.

5. Berbagi Dengan Anak Yatim

Salah satu sedekah di bulan ramadhan yang mendatangkan pahala berlipat ganda adalah dengan memberikan sedekah kepada anak yatim. Seperti yang kita ketahui bahwa anak yatim merupakan anak yang tidak memiliki salah satu orangtua atau bahkan kedua orangtuanya, sehingga memperhatikannya akan mendapatkan pahala yang besar. 

Berbagi dengan anak yatim bisa dilakukan dengan cara seperti buka bersama, memberikan mereka bingkisan yang bermanfaat atau dengan cara menyumbangkan ke yayasan terpercaya.

Salah satu yayasan yang menaungi anak-anak yatim adalah YKBIK (Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat). YKBIK merupakan Salah satu lembaga donasi anak yatim piatu terpercaya dan lembaga Penyelenggara layanan sosial serta layanan pendidikan untuk yatim dan dhuafa melalui pemberdayaan dana Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf (ZISWAF), serta dana lainnya yang halal dan legal. 

Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan kepada mereka yang berhak dalam bentuk bantuan sosial, bantuan pendidikan serta layanan kesehatan. 

Anda bisa menyalurkan donasi ke Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat (YKBIK) melalui website Ykbik atau dengan mengirimkan donasi melalui  rekening berikut ini :

REKENING DONASI

BRI : 3313-01-000795-50-4

Mandiri : 167-00-0245958-3

BCA : 0663308049

Muamalat : 4580003446

A/n Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *