Tips dan Kiat Membantu Fakir Miskin

membantu fakir miskin

Ada banyak sekali orang yang rata-rata hidup dengan ekonomi yang rendah di sekitar kita. Untuk memenuhi kebutuhan pokok saja sudah sangat sulit, apalagi memenuhi kebutuhan lainnya. Menurut konstitusi negara kita, orang yang tergolong ke dalam tidak mampu adalah anak yatim, fakirย  miskin, orang yang membutuhkan dan terlantar. Fakir miskin memang seharusnya dipelihara oleh negara, tetapi bisa jadi orang yang sedang mengalami kesulitan keuangan mungkin harus mempertahankan diri karena alasan anggaran.ย 

Jika kita ingin membantu orang yang kesulitan ekonomi atau fakir miskin, anak yatim piatu, dan lain-lain, kita harus melakukannya dengan cara memberikan pendidikan yang baik. Tidak hanya sekedar memberikan uang, akan tetapi lebih baik kita memberi yang bermanfaat untuk bisa berubah menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah tips dan kiat yang baik untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi:

1. Memberikan Pekerjaan yang Layak

Jika kita ahli dalam bisnis, jadilah mentor dan investor bagi para pengangguran dan orang miskin. Beri mereka pekerjaan atau modal untuk mengembangkan bisnis mereka yang sudah ada. Maka jangan menyerah begitu saja, terus dikendalikan dan dibimbing agar bisnisnya dapat maju.

2. Ajarkan Keterampilan yang Bermanfaat

Jika ingin membantu masyarakat kurang mampu, kita bisa berbagi ilmu dengan mereka tentang ilmu atau keterampilan yang dapat berguna untuk mendapatkan penghasilan yang besar sehingga Anda dapat mandiri di masa depan. Jika perlu, biayai kursus atau sekolah yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

3. Bimbing dan Biayai Sekolah Anak-Anaknya

Jika seseorang yang kita bantu mengalami kesulitan belajar dan bekerja di bawah instruksi, maka, kita fokus untukย  meningkatkan generasi mudanya seperti anak, cucu, dan lain-lain. Kita jadikan generasi-generasi muda dari mereka untuk menjadi generasi yang berkualitas dan mandiri dengan cara mengarahkan dan menjadi pengasuh mereka. Jika perlu, kita bisa menyekolahkan mereka agar bisa memperoleh pendidikan yang layak dan nantinya dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan keluarga.

4. Membantu yang Bersifat Mendesak

Jangan terlalu sering membantu orang-orang yang kita rasa mereka sudah dapat untuk menghadapi masalah hidupnya sendiri. Kita bantu mereka dengan sewajarnya dan sudahi bantuan ketika mereka sudah dapat hidup dengan semestinya. misalnya seperti membiayai pengobatan rumah sakit, membiayai biaya sekolah yang sudah menunggak, memberi makan dan minum orang yang kelaparan, membantu biaya renovasi rumah tak layak dari orang tak mampu, dan lain-lain.

5. Menanggung Biaya Hidup Secara Penuh

Bagi orang miskin yang sudah tua, sakit dan lain-lain. Mereka yang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, kita hanya bisa membantu mereka semua. Bantuan, mulai dari sandang, pangan, papan dan berbagai kebutuhan penunjang lainnya. Sebagai manusia, kita memiliki kewajiban untuk saling membantu.

Anda dapat mulai membantu fakir miskin yang sedang membutuhkan dengan disekitar wilayah Anda tinggal, namun jika disekitar tidak ada, Anda bisa menyalurkan bantuan ke sebuah yayasan yang memang sudah terpercaya.

Salah satu lembaga penyaluran sedekah dan zakat adalah Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat (YKBIK) dapat membantu menerima dan menyalurkan dana zakat ataupun donasi dalam bentuk tunai atau barang bantuan lainnya untuk disalurkan kepada penerima yang berhak dan membutuhkan.

Jika Anda ingin menyalurkan donasi Anda ke Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat (YKBIK). Anda bisa menyalurkan nya dengan mengakses website Ykbik atau dengan mengirimkan donasi melaluiย  rekening berikut ini :

REKENING DONASI

BRI : 3313-01-000795-50-4

Mandiri : 167-00-0245958-3

BCA : 0663308049

Muamalat : 4580003446

A/n Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *