Pengertian Bantuan Sosial dan Siapa Saja Yang Berhak Menerima?

pengertian bantuan sosial

Pengertian bantuan sosial – Semenjak adanya pandemi covid-19 serta banyaknya pemutusan kerja, pemerintah Indonesia menyelenggarakan bantuan sosial atau yang dikenal dengan sebutan dana Bansos. Dana ini kemudian diberikan kepada pekerja yang terkena PHK atau warga yang kekurangan karena imbas dari adanya pandemi. 

Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa sih Bansos atau bantuan sosial itu? Mulai dari pengertian hingga siapa saja yang berhak menerima dana dari Bansos.

Pengertian Bantuan Sosial

Bantuan Sosial merupakan pemberian bantuan berupa uang atau barang dari pemerintah pusat/daerah yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat yang bersifat tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya risiko sosial. 

Lantas, kepada siapa saja dana ini disalurkan?

1. Korban PHK karena adanya tragedi nasional

Korban PHK dari perusahaan yang terimbas dari adanya tragedi nasional misal seperti pandemi covid-19 memiliki hak untuk mendapat bantuan sosial dari upaya untuk membantu dari sisi ekonomi yang harus terputus secara mendadak.

2. Keluarga Miskin dan Rentan

Keluarga yang kurang mampu dari segi ekonomi berhak menerima bantuan sosial seperti uang atau sembako untuk menutupi kebutuhannya sehari-hari.

Baca Juga : Siapa Yang Berhak Menerima Sedekah?

3. Pelajar

Melalui Program Indonesia Pintar dana bantuan sosial bisa diluncurkan untuk membantu siswa mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan sederajat baik formal maupun informal bagi keluarga miskin.

4. Seseorang yang sakit dan butuh biaya untuk berobat

Dana bantuan sosial juga turut menyasar pada dana kesehatan masyarakat kurang mampu agar tetap bisa menikmati fasilitas kesehatan tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri. 

Masih banyak lagi jenis bantuan sosial yang bisa dinikmati bagi yang membutuhkan dan memenuhi syarat sebagai penerima dana bantuan sosial. Anda tentu bisa mendaftar jika memang membutuhkan bantuan seperti di atas, namun Anda harus pastikan terlebih dahulu dengan melakukan pendaftaran. Semoga artikel ini bermanfaat!  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *