Memahami Perbedaan Antara Shodaqoh dan Infaq

Perbedaan Antara Shodaqoh dan Infaq

Perbedaan Antara Shodaqoh dan Infaq – Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali amalan baik yang bisa kita lakukan untuk meraih kebahagiaan didunia dan di akhirat. Dan juga amalan yang bisa mengantarkan kita ke surganya allah swt.

Salah satu amalan ibadah yang pasti banyak orang ketahui Ialah Infak dan sedekah. Dan ini jika kita lakukan pasti akan mendapatkan pahala yang berlimpah apalagi jika kita melakukannya dengan Ikhlas.

Infak dan sedekah ini berkaitan dengan ibadah lewat sebagian harta atau uang kita. Di balik nikmat rezeki yang Allah kasih dan berikan untuk hamba-hambanya, ada bagian yang harus dikeluarkan dan dianjurkan untuk diserahkan kepada saudara kita yang lain atau kepada saudara yang tidak mampu.

Perbedaan Antara Shodaqoh dan Infaq
image credit : rihlatuna.blogspot.com

Infak dan sedekah merupakan dua jenis amalan yang sering dianggap sama karena memang infak dan sedekah memiliki banyak sekali persamaan. Padahal infak dan sedekah adalah dua jenis amalan yang berbeda. Dalam ajaran islamย  kita diwajibkan untuk menyisihkan sebagian harta yang kita miliki karena didalam harta kita ada hak orang lain. Maka cara menyalurkannya adalah dengan cara infak atau sedekah.ย 

Infak dan sedekah hukumnya sama yaitu sunnah, jadi jika kita punya harta atau uang lebih bisa kita keluarkan untuk infak dan sedekah. Dan bagi kalian yang belum tau apa sih perbedaan infak dan sedekah, karena mungkin kalian masih dibingungkan dengan perbedaannya karena yang kalian tahu infak dan sedekah sama sama amalan ibadah lewat harta atau uang. Dan berikut adalah 5 perbedaan infak dan sedekah yang perlu kamu ketahui.

  1. Dari pengertiannya berbeda, Infakย  merupakan harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum, sedangkan pengertian dari sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum juga.
  2. Infak wajibnya harta atau uang sedangkan sedekah selain harta bisa juga dengan menebar senyuman dengan tulus, membantu orang lain juga bisa dikatakan sedekah.
  3. Perbedaannya infak ini terbatas hanya harta tetapi sedekah ini mencakup luas.
  4. Jika berdasarkan hukum infak dan sedekah ini tidak ada bedanya karena sama sama hukumnya Sunnah.
  5. Yang terakhir bedanya infak dan sedekah adalah infak biasanya ada perhitungan berapa yang harus dikeluarkan sedangkan sedekah bebas tidak ada perhitungannya.

Nah itu Perbedaan Antara Shodaqoh dan Infaq ini semoga informasi ini dapat bermanfaat ya!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *