Manfaat Sedekah di Bulan Ramadhan Yang Penuh Berkah

islam selalu mengajarkan untuk memberi

Manfaat sedekah di bulan ramadhan – Sedekah merupakan suatu tindakan terpuji yang mendatangkan pahala bagi orang yang melakukannya. Bersedekah dengan membantu orang lain bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, seperti dengan menyumbangkan sebagian hartanya, membagikan makanan, ataupun dengan menyumbang berupa pikiran dan tenaga. 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat. Dimana segala tindakan baik akan mendapat pahala berlipat ganda. Maka, tak heran jika umat islam di seluruh dunia berlomba-lomba beribadah serta melakukan kebajikan selama bulan ramadhan berlangsung. 

Salah satu kebaikan yang akan mendapat banyak manfaat serta pahala adalah dengan bersedekah di bulan ramadhan. Terdapat banyak sekali manfaat sedekah di bulan ramadhan seperti yang sudah kami rangkum sebagai berikut :

1. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bulan ramadhan adalah bulan suci dimana setiap tindakan baik akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Hal ini juga tentu berlaku untuk sedekah. Sebenarnya sedekah bisa dilakukan kapan saja namun jika sedekah dilakukan saat bulan ramadhan maka amalan kebaikan atau pahalanya akan dilipat gandakan seperti yang dijelaskan dalam Qs. Al Hadid: 18 yang berbunyi : 

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

2. Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Dengan bersedekah segala dosa dapat diampuni asalkan dengan niat taubat yang tulus. Bukan untuk semata-mata menutupi keburukan atas tindakan tidak terpuji seperti korupsi, mencuri, memakan riba dan lain sebagainya, dengan niat agar impas dan dosa terampuni. 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614) 

3. Mendapat Keberkahan Pada Harta

Keberkahan pada harta bagi orang yang melakukan sedekah ini sesuai dengan sabda  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi :

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Yang dimaksud dengan harta tidak akan berkurang ini dijelaskan Dalam Syarh Shahih Muslim, An Nawawi. Para ulama menyebutkan bahwa yang dimaksud disini mencakup 2 hal: 

  1. hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan.
  2. jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.”

4. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Sebelumnya pernah dicerikan oleh baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang 7 jenis manusia yang akan mendapat naungan di hari akhir. Salah satunya adalah orang yang suka bersedekah. Hal ini seperti tertuang dalam sebuah hadist sebagai berikut :  

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *