Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi yang Menjalankan

mANFAAT puasa senin kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Puasa tidak hanya membebaskan mereka dari siksa Neraka, tetapi juga membantu terhindar dari godaan nafsu dunia.

Selainnya banyak pahala, banyak faedah puasa Senin-Kamis untuk kesehatan jiwa dan raga. Puasa ini menjadi satu di antara puasa sunnah yang sering dijalankan Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah bersabda, “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Berikut Merupakan Manfaat Puasa Senin – Kamis

1. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

puasa Senin Kamis bisa membantu keluarkan racun dalam tubuh. Toksin yang bersatu dalam lemak, darah, atau sisi lainnya datang dari minuman dan makanan yang dimakan setiap hari.

Selainnya olahraga, cara keluarkan racun ini dengan berpuasa. Saat seorang stop mengonsumsi minuman dan makanan minimum sepanjang satu hari, karena itu racun bisa dikeluarkan dengan efektif.

Pengeluaran racun bisa lewat keringat, buang air kecil atau saat bab. Jika toksin-racun itu telah keluar, karena itu badan akan berasa lebih bugar dan sehat.

2. Menurunkan Kandungan Lemak

Manfaat lainnya puasa Senin Kamis ialah menurunkan kandungan lemak. Ini mengingat lemak berlebihan pada tubuh bisa memunculkan beragam permasalahan seperti kolesterol dan jantung.

Karena itu, kelebihan lemak pada tubuh harus di hilangkan. Satu antara manfaat puasa Senin Kamis ialah membantu hilangkan lemak tidak sehat itu.

Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak untuk sumber energi. Akhirnya, lemak berlebihan akan menyusut dan tubuh akan terbebas dari masalah penyakit. Salah satunya, tekanan darah tinggi atau kolesterol.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Puasa Senin Kamis rupanya berguna untuk turunkan resiko aterosklerosis, yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Saat puasa juga lemak akan digunakan sebagai cadangan energi.

Hormon adrenalin dan nonadrenalin akan menyusut. Ini membantu tubuh untuk jaga metabolisme masih tetap konstan, hingga tekanan darah bisa turun.

Merujuk beberapa riset, masukkan puasa ke kegiatan rutin kemungkinan benar-benar berguna dalam soal kesehatan jantung. Puasa Senin Kamis dengan teratur bisa membantu kurangi kandungan kolesterol “jahat” LDL dan trigliserida.

4. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Untuk dipahami, mekanisme pencernaan benar-benar sibuk dan memerlukan energi dengan jumlah besar. Mekanisme pencernaan bahkan juga bisa menyalurkan energi yang diperlukan untuk penyembuhan, perbaikan dan perawatan umum tubuh. Karena itu, masuk akal untuk memberikannya istirahat sesekali.

Sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam kurun waktu tertentu supaya bisa bekerja optimal. Saat berpuasa Senin Kamis, pencernaan dengan teratur akan istirahat dari tekanan mencerna makanan.

Dengan demikian, peranan sistem pencernaan terus akan terbangun kinerjanya. Sistem pencernaan yang sehat akan membuat manusia jauh dari penyakit pencernaan. Misalkan, permasalahan lambung, sembelit, diare, dan ada banyak lagi.

5. Kontrol Gula Darah

Manfaat puasa Senin Kamis, yaitu bisa atur tingkat gula darah. Puasa akan membuat badan menghancurkan glukosa untuk memperoleh energi.

Ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya badan akan alami pengurangan gula darah. Puasa Senin Kamis dengan teratur ikut menahan lonjakan gula darah.

Seterusnya, faedah puasa akan menolong kurangi kekebalan insulin. Kurangi kekebalan insulin bisa tingkatkan sensitivitas badan pada insulin. Dengan begitu, memungkinkan untuk mengalihkan glukosa dari saluran darah ke beberapa sel lebih efektif. Itulah beberapa manfaat puasa senin kamis bagi yang menjalankan, semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *