Laporan Kegiatan QUBAGI 2021

Qurban dikala pandemi menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi siapapun yang menjalaninya. Bagi yang berqurban di saat kondisi ekonomi yang belum menentu, benar-benar menjadi ujian pengorbanan seorang hamba untuk tetap bisa menjalankan ajaran Ilahi, bagi pelaksana prosesi qurban, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga memakai masker, harus tetap dipatuhi di saat  kita disibukan dengan penyembelihan hewan qurban.

Tentunya setiap peristiwa yang terjadi atas kehendakNya senantiasa terkandung hikmah dan pelajaran di dalamnya, dibalik semua itu, insyaAllah akan ada balasan yang lebih besar dan menjadi nilai ibadah di sisi  Allah S.W.T.,  karena berqurban di masa pademi memiliki dampak kebermanfaatan yang sangat besar ditengah situsi sulit covid-19 ini. Akan banyak anak yatim, dhuafa dan fakir miskin yang kembali bisa menyantap daging yang sangat jarang bisa mereka dapatkan.

Alhamdulillah, kegiatan QUBAGI (Qurbanku Bakti Bagi Negeri) dimasa PPKM 21 s/d 23 Juli 2021, telah terlaksana baik dengan memberlakukan protokol kesehatan.  Pandemi tidak menurangi semangat kami untuk melaksanakan ibadah qurban di tahun 1442 hijriah ini. Prosesi penyembelihan oleh panitia dibantu oleh warga dan tokoh agama setempat. Kami juga menyediakan tempat penyembelihan yang tidak bisa dilihat oleh hewan qurban yang masih hidup. Hal ini kami sediakan untuk mengantisipasi adanya hewan qurban yang stress atau terganggu emosionalnya karena melihat prosesi penyembelihan.

Sesuai anjuran pemerintah, kami mulai melaksanakan penyembelihan pada tanggal 11 dzulhijjah 1442 hijriah untuk mengantisipasi mobilitas warga yang membeludak. Hal ini lagi-lagi kami lakukan sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran covid-19 yang akan mudah menyebar di kerumunan. Untuk distribusi wilayah Bekasi, Bogor dan Jakarta, penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di lahan pembangunan Rumah Yatim Kahuripan, Bogor. Pada tahun ini, kami juga mendistribusikan Penyembelihan untuk yatim dhuafa di wilayah Gantar, Indramayu, yang dilaksanakan di sekitar lahan Wakaf Sawah Produktif.

Kegiatan Qubagi tahun ini dapat terlaksana atas dukungan dan partisipasi banyak pihak. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada donatur dan para volunteer setempat atas segala tenaga, usaha, hingga donasi yang telah diberikan sehingga kegiatan ini sukses terlaksana. Kebahagiaan para dhuafa fakir miskin, dan yatim, InsyaaAllah menjadi kebahagiaan kita semua. Semoga amal soleh dan segala kebaikan sekeluarga menjadi keberkahan dalam kehidupan di dunia hingga akhirat kelak.

Aamiin yaa Allah yaa Rabbal’alamiin

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *