Macam Macam Zakat Yang Harus Anda Ketahui

Macam Macam Zakat

Macam Macam Zakat – Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan dan berhak menerimanya. Hukum zakat adalah wajib bagi seorang muslim yang telah memenuhi syarat, hukum tentang zakat bahkan disebutkan dalam rukun islam nomor 4 sehingga wajib untuk ditunaikan.

Kebanyakan orang sudah tahu tentang zakat fitrah yaitu zakat yang dikeluarkan saat bulan ramadhan tiba. Namun, tahukah anda bahwa ada macam macam zakat lain yang harus anda ketahui, berikut adalah rangkumannya :

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim pada bulan ramadhan atau lebih tepatnya menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah bisa berupa uang tunai maupun beras yang merupakan makanan pokok di Indonesia, hitungan zakat yangΒ  dibayarkan yaitu setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras.

2. Zakat Maal

Zakat maal atau zakat harta adalah zakat yang dikeluarkan dari sumber penghasilan seperti hasil pertanian, hasil perniagaan, hasil ternak, emas, perak, hasil pertambangan dan lainnya. Masing-masing jenis dari penghasilan itu mempunyai hasil perhitungannya sendiri.

Baca Juga :Β Perbedaan Zakat dan Wakaf yang Perlu Diketahui

3. Zakat Penghasilan

Zakat penghasilan diambil dari penghasilan anda seperti gajih bulanan misalnya. Nisab zakat penghasilan adalah 520 x harga makanan pokok. Cara untuk mengetahui zakat penghasilan anda adalah dengan kurangi total pendapatan dengan utang atau tagihan bulanan anda lalu sisa hasilnya dikali 2,5%.Β 

Setelah tahu tentang macam macam zakat, anda juga harus tepat dalam memilih lembaga zakat terpercaya yang nantinya anda percayai untuk menyalurkan zakat yang telah anda siapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *