Cara Menghadapi Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia

Cara Menghadapi Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia

Cara Menghadapi Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia – Orang tua merupakan anugerah dari Tuhan, karena tanpa mereka mungkin kita tidak akan terlahir ke dunia ini. Ketika mereka masih muda, sehat dan bugar, kedua orang tua mengerahkan seluruh tenaga, pikiran, perhatian dan kasih sayangnya yang tidak ternilai itu kepada anak anak mereka termasuk juga kita.

Hal itu mereka lakukan agar dapat memberikan yang terbaik untuk anak anaknya termasuk makanan yang terbaik, tempat tinggal yang nyaman, pakaian yang bagus dan masih banyak lagi kebaikan dan pengorbanan orang tua untuk anak anaknya.

Kemudian ketika memasuki usia lanjut, tenaga dan raga orang tua kita tidak se prima dahulu ketika masih muda, ingatan sudah mulai memudar, rambut pun memutih, kulit yang mulai keriput menandai betapa orang tua kita tidak seperti dulu lagi.Β 

Namun banyak anak tidak memperhatikan keadaan orang tuanya yang sudah lanjut usia bahkan cenderung abai dengan keadaan orang tua yang sudah manula.

Merawat orang tua tidak mudah terlebih mereka yang menderita kepikunan mudah lupa dan sangat sensitif. Banyak terjadi kesalahpahaman walaupun maksud dan tujuan nya baik. Perilaku yang seperti ini seakan akan orang tua kembali ke masa anak anak.Β 

Mengasuh dan merawat orang tua yang lanjut usia mempunyai cara sendiri yaitu sabar, komunikasi dan memahami apa saja yang dibutuhkan oleh orang tua.

1. Dengarkan Apapun Perkataan Orang Tua dan Jangan membantah

Jika orang tua menghadapi hal seperti ini, jangan sekali kali mengomentarinya bahkan mencibir orang tua kita, karena ketika kita kecil pun pasti kita seperti itu.

Dengarkan apapun yang orang tua bicarakan dan anggap jika kita memahami apa yang dibicarakan orang tua kita.

2. Bicaralah dengan bahasa yang sopan

Banyak yang akan dibicarakan oleh orang tua yang sudah lansia terkadang sesuatu yang kecil pun pasti akan dikomentari. Hal itu pun dibarengi oleh pendengaran yang mulai berkurang dan perasaan yang sensitif.

Alangkah baiknya bila kita berkata lemah lembut dan sopan kepada orang tua kita.

3. Bersabarlah dalam Menjawab Pertanyaan Mereka

Orang tua yang sudah lansia akan terus berkomentar dan melempar pertanyaan yang random, maka tugas kita adalah menjawab nya dengan sopan tanpa menyakiti perasaannya walaupun berulang ulang terlebih kepada yang sudah mulai pikun.

4. Berilah Kegiatan

Post Power Syndrome merupakan masalah yang sering terjadi ketika orang tua yang sudah lanjut usia tidak lagi bekerja atau sudah pensiun.

Karena untuk orang yang biasa beraktivitas kemudian tiba tiba tidak melakukan rutinitas seperti biasanya itu akan menyebabkan bingung dan mungkin sakit. Oleh karena itu berilah orang tua kita kegiatan yang mereka senangi seperti berolahraga, baca buku, berorganisasi di lingkungan tempat tinggal dan lain lain.

5. Periksakan Kesehatan Orang Tua Secara Rutin

Sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tua maka sebaiknya rutin lah memeriksakan kesehatan orang tua kita supaya kita bisa mengetahui kondisi kesehatan orang tua kita dan dapat mencegah bila terdapat gejala gejala penyakit dan lain lain.

6. Berilah Makanan yang Sehat

Orang tua yang sudah lanjut usia rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Alangkah baiknya bila kita menjaga dan mengontrol asupan orang tua kita agar tidak dapat memicu penyakit yang disebabkan oleh makanan yang sembarangan. itulah beberapa cara Cara Menghadapi Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *