4 Contoh Sedekah Jariyah Yang Bisa DiLakukan

contoh sedekah jariyah

Contoh Sedekah Jariyah – Amal jariyah merupakan salah satu amalan sedekah yang apabila dikerjakan maka pahalanya  tak akan terputus bahkan hingga ajal menjemput. Hal ini seperti tertuang dalam hadits berikut ini :

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim).

Dari hadis di atas bisa diketahui bahwa ada 3 amalan yang tak akan pernah terputus pahalanya dimana salah satunya adalah sedekah jariyah. Lantas apa saja contoh sedekah jariyah? Berikut adalah 5 contohnya :

1. Membangun Masjid

Masjid merupakan rumah beribadah bagi umat muslim, membangun masjid tentu akan mendapatkan banyak pahala dan keberkahan. Salah satunya adalah nilai pahalan yang akan secara terus menerus mengalir meskipun pembuat masjid sudah meninggal.

Selain itu, terdapat jaminan untuk orang yang membangun masjid mendapat tempat terbaik di surga kelak. Seperti yang tertuang dalam hadis berikut ini :

“Barangsiapa yang membangunkan sebuah masjid kerana Allah walau sekecil apa pun, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

2. Mengajarkan Ilmu yang Bermanfaat

Mengajarkan serta menyebarkan ilmu yang bermanfaat untuk menolong sesama juga termasuk salah satu amalan sedekah jariyah. Seperti seorang guru yang mengajarkan pelajaran kepada muridnya ataupun seorang guru mengaji yang mengajarkan muridnya untuk hafal al qur’an. Apapun bentuk dari tersebarnya ilmu yang bermanfaat, maka orang yang melakukannya akan mendapatkan pahala dari perbuatannya selama ilmu yang diajarkan bermanfaat untuk orang lain.

3. Membangun Sekolah

Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu. Membangun sekolah tentunya akan mengalirkan pahala kebaikan selama sekolah itu berdiri bagi si pembangun meski sudah meninggal.  

Baca Juga : 5 Keunggulan Website Donasi Online 

4. Sedekah Harta

Sedekah harta merupakan salah satu sedekah jariyah yang pahalanya tidak akan pernah putus. Karena harta yang disedekahkan tersebut bertujuan untuk membantu sesama. Di mana dirinya meminjamkan hartanya kepada Allah untuk kemaslahatan dan kebaikan umat manusia yang kemudian, Allah akan menggantinya dengan balasan yang berlipat ganda.

Hal ini seperti yang tertuang dalam firman Allah di dalam Al quran yang berbunyi:

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali- Imron ayat 92)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *