Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat

Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat

Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat – Hari jumat merupakan hari yang ditunggu tunggu oleh umat islam di seluruh dunia, karena di hari jumat ini terdapat banyak keutamaan dan kebaikan. Walaupun semua hari sama baiknya namun hari Jumat bisa dikatakan hari yang penuh barokah dan Allah SWT sudah mengkhususkan hari jumat untuk umat islam dari seluruh umat kaum terdahulu.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Karena pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorang pun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]

Semua agama mengajarkan dan menganjurkan untuk berbuat kebaikan setiap hari atau mungkin setiap saat. Begitu juga dengan islam yang selalu menganjurkan berbuat baik termasuk bersedekah terutama di hari Jumat.

Berikut merupakan keistimewaan sedekah di hari jumat :

1. Berkah Rezeki

Bersedekah di hari jumat dapat mendatangkan rezeki dan keajaiban yang tidak diduga duga sebelumnya. Contohnya rezeki yang semakin lancar. Sedekah tidak harus berupa materi melainkan bisa berupa tenaga atau apapun yang dapat memudahkan masalah orang lain.

2. Memperkuat Iman

Sedekah merupakan salah satu sarana yang mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT yang telah memberikan kita sebagai hambanya kesehatan, keselamatan dan keajaiban lainnya. Sedekah merupakan ibadah yaitu bentuk pengabdian dari seorang hamba kepada Allah SWT.

Keistimewaan Sedekah di Hari Jumat

3. Perbuatan Terpuji dan Mulia

Manfaat beramal di hari Jumat lainnya adalah amalan mulia yang dilakukan pada hari-hari paling mulia dibandingkan dengan amal yang dilakukan pada waktu lain.

Ini berarti bahwa kita telah melakukan hal-hal yang mulia pada hari yang mulia ini, sehingga amalan kita juga merupakan perbuatan yang mulia.

4. Mendapat Pahala Yang Berlipat Ganda

Hari jumat merupakan hari yang apabila kita mengerjakan kebaikan apapun maka akan diberi pahala dan ganjaran yang berlipat ganda. Bila kita bersedekah yang merupakan perbuatan paling mulia maka akan mendapatkan pahala dan ganjaran yang berlipat ganda.

5. Didoakan Para Malaikat

Sedekah di pagi hari juga sangat dianjurkan terlebih dilakukan pada hari jumat. Hal ini selaras dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Seperti Bersedekah di Bulan Ramadhan

Dalam Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah di hari Jumat. Beliau berkata: “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan sama seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan di bandingkan dengan bulan lainnya. Itulah keutamaan sedekah di hari Jumat, semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *