Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

Keistimewaan Malam Nuzulul Quran – Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya wahyu Allah yaitu Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW yang terjadi pada 17 Ramadhan. 

Menurut perhitungan kalender Masehi, malam turunnya Alquran atau malam Ramadhan 17 jatuh pada tanggal 28 April 2021. Diketahui bahwa umat Islam merayakan turunnya Alquran (Nuzulul Quran) setiap tahun pada hari ketujuh belas di bulan ramadhan.

Peringatan turunnya Al-Qur’an bagi umat Islam adalah untuk hidup dan menerapkan nilai-nilai yang disebutkan dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Nuzulul Quran sangat erat hubungannya dengan Lailatul Qadr yang merupakan malam penuh kemuliaan dan keberkahan. Berikut merupakan keistimewaan malam lailatul qadr.

1. Malam Seribu Bulan

Sesuai dengan firman Allah dalam Quran Surat Qadr Ayat : 3 yang artinya :

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”

Maksud dari atas diatas yaitu segala macam amal perbuatan kita di malam nuzulul Quran seperti shalat, zakat, puasa dan lain lain adalah lebih baik dari amalan yang di kerjakan pada bulan bulan sebelumnya selama 1.000 bulan.

Keistimewaan Malam Nuzulul Quran

2. Turunnya Malaikat Malaikat

Di Malam Nuzulul Quran banyak malaikat yang turun, dan seiring turunnya malaikat, Allag SWT pun mengucurkan rahmat dan keberkahan sesuai dengan Surat Al Qadr ayat 4 yang artinya :

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhan nya untuk mengatur segala urusan”.

3. Malam Penuh Berkah

Nuzulul Quran adalah salah satu malam yang penuh keberkahan dimana maksud ini sesuai dengan QS Al-Dukhan ayat 3 yang artinya :

“ Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi”

4. Diampuni Segala Dosa

Pada malam Nuzulul Quran dan malam laiatul qadar, siapa saja yang mengerjakan shalat malam pada malam tersebut maka Allah SWT akam mengampuni dosa-dosanya.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah yang bunyinya sebagai berikut.

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”

Pada malam Nuzulul Quran siapa yang melakukan sholat pada malam lailatul qadar dan karena iman kepada Allah, maka dosa dosa nya akan di ampuni oleh Allah Swt. Itulah beberapa Keistimewaan Malam Nuzulul Quran. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *