Berikut Merupakan Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Pelakunya

hukum membaca doa qunut

Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Pelakunya – Karena sangat sulit untuk bangun dari tidur, terutama setelah rutinitas hari hari yang sibuk, inilah alasan mengapa sholat tahajud ini membuat seseorang mendapatkan banyak manfaat dan status yang tinggi dari Allah SWT. Sholat Tahajud dilakukan pada malam hari tepatnya sepertiga malam setelah bangun tidur.

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT sebagaimana bunyi surat Al Isra ayat 79 yang artinya :

“Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’ : 79) (sumber : kumparan.com)

Berikut merupakan  Faedah dan keutamaan Sholat Tahajud :

Allah Berikan kedudukan yang Mulia dan Terpuji di Sisi Nya

Keutamaan pertama dalam shalat Tahajud adalah memberikan tempat terbaik dan kehormatan bagi pelakunya di hadirat Allah SWT. Ini adalah janji dari Allah SWT yang akan mengangkat derajat hamba-Nya ke tempat terpuji, bagi mereka yang melakukan shalat Tahajud dengan tekun dan ikhlas dengan harapan ridho ilahi.

Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Pelakunya

Allah Akan Kabulkan Doanya

Karena sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dan Allah akan kabulkan permohonan dan permintaan hamba Nya yang beribadah dengan ikhlas para ahli tahajud.

Diampuni Segala Dosa

Orang yang melakukan sholat tahajud akan diampuni segala dosa dosanya, hal ini sebagaimana termaktub dalam hadits :

Rasulullah SAW Bersabda “Lakukan qiyamullail. Karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taqarrub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili). (sumber : kumparan.com)

Rendah Hati

Allah SWT menjamin bahwa orang yang melakukan keutamaan shalat Tahajud akan selalu rendah hati dan ramah. Ketenangan yang mencerminkan ketenangan pikiran dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita rendah hati.

Jembatan Masuk Surga

Keutamaan shalat Tahajud selanjutnya adalah dapat menjadi jembatan menuju Surga. Allah SWT telah menjanjikan surga bagi semua orang yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, dia menciptakan hukuman neraka bagi mereka yang tidak taat.

Selain itu, Allah SWT telah menunjukkan kepada kita jalan untuk mencapai Surga-Nya. Salah satu cara masuk surga adalah dengan melaksanakan shalat tahajud. Itulah beberapa Keutamaan Sholat Tahajud Bagi Pelakunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *