Arti Donasi dan Donatur

Arti Donasi dan Donatur

Arti Donasi dan Donatur – Kata donasi berasal dari bahasa inggris donation yang memiliki arti sebuah pemberian yang pada umumnya bersifat secara fisik yang diberikan oleh perorangan atau badan hukum, pemberian ini bersifat sukarela dengan tanpa adanya imbalan.ย 

Sementara Donatur adalah seseorang yang memberikan donasi tersebut.ย 

Jadi simplenya, donasi adalah bentuk bantuan sedangkan donatur adalah orang yang melakukan aktivitas donasi.

Terdapat beberapa jenis donasi yang sering dilakukan di Indonesia, Antara lain :

1. Donasi Bantuan Sosial

Donasi sosial ini bertujuan untuk membantu orang-orang tidak mampu dan membutuhkan uluran tangan kita seperti Anak yatim, kaum dhuafa, Seseorang yang sedang kesulitan ekonomi dan lain sebagainya. Biasanya dana sosial disalurkan secara rutin.

2. Donasi Bantuan Bencana

Donasi jenis ini disalurkan pada korban yang sedang tertimpa musibah bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus dan lainnya. Jenis barang donasi untuk korban bencana pun beragam, mulai dari uang, kebutuhan pokok seperti sembako, pakaian, selimut atau donasi dalam bentuk tenaga kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di camp pengungsian.

3. Donasi Donor Darah

Donasi donor darah ini biasa dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) bagi yang ingin mendonorkan darahnya dengan tujuan bisa membantu siapa saja yang mungkin akan membutuhkan bantuan donor darah. Terkadang stok pada darah tertentu sedikit jumlahnya, sehingga bantuan dalam bentuk donor darah ini menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh siapa saja yang memiliki tubuh dan jiwa yang sehat.

Nah, itulah Arti Donasi dan Donatur serta jenis donasi yang bisa kita salurkan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Berdonasi tidak harus dalam bentuk uang saja, namun kita juga bisa memberikan donasi dalam bentuk lain yang bisa membantu mereka yang sedang membutuhkan atau tertimpa musibah. Sudah seharusnya kita saling membantu sebagai sesama manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *