5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan Bisa Nambah Pahala Berlimpah!

5 amalan utama di bulan ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat. Di bulan ini amal ibadah dan kebaikan kita akan mendapatkan pahala yang berkali lipat dari pada bulan yang lain. Hal inilah yang membuat umat islam selalu merindukan kehadiran bulan suci ramadhan di setiap tahunnya.

Tidak hanya berpuasa, namun di bulan suci ini, kita juga bisa melakukan ibadah lainnya yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala. 

Berikut ini ada 5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

1. Tarawih

Melaksanakan Sholat Tarawih pada setiap ramadhan merupakan sunnah. Apabila dikerjakan kita akan mendapatkan pahala jika tidak dikerjakan maka tidak berdosa. sehingga jika ingin mendapatkan pahala kita harus rajin mengerjakan sholat tarawih nya. 

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-quran atau lebih dikenal dengan tadarus ini menjadi salah satu amalan ibadah yang sering dilakukan oleh banyak orang selama bulan puasa. Selain mendatangkan pahala, mengaji juga bisa menambah ilmu agama serta ketakwaan serta keimananmu kepada Allah SWT.

3. I’tikaf

Itikaf adalah kegiatan dimana kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berada di mesjid. Selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan dengan beritikaf di masjid, memperbanyak amal ibadah seperti sholat wajib, sunah ataupun mengaji tak hanya akan melipatkan pahala namun juga agar kita bisa lebih mendekatkan diri pada yang maha kuasa.

4. Sedekah

Ada banyak cara untuk bersedekah di bulan puasa. Salah satunya yang paling sering dilakukan adalah dengan bersedekah memberikan takjil atau makanan dan minuman berbuka puasa pada orang-orang yang sedang berpuasa. Seperti menyiapkan makanan buka puasa di masjid atau membagikan takjil di jalan.

5. Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah salah satu amal ibadah yang wajib yang hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan atau lebih tepatnya menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah dapat berupa uang tunai maupun beras yang merupakan makanan pokok di Indonesia, hitungan zakat yang  dibayarkan setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras.

Nah, itulah 5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan dan apabila dikerjakan akan mendatangkan pahala berlipat ganda. Semoga informasi ini bermanfaat!  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *