Keajaiban Sedekah di Saat Sulit

Keajaiban Sedekah di Saat Sulit

Keajaiban Sedekah di Saat Sulit – Sedekah disaat sulit memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat ini di Indonesia bahkan sebagian besar negara di dunia sedang menderita karena pandemi yang tak kunjung berakhir. Lantas, pertanyaannya bisakah kita mengeluarkan sedekah saat keadaan sedang sulit seperti sekarang ini?

Jawabannya tentu saja bisa. Dengan niat yang tulus serta ikhlas untuk berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan. Anda tidak perlu takut akan kekurangan karena sejatinya, Allah menjamin bagi yang bersedekah di lapangkan jalur rezekinya dan di ampuni dosa-dosanya. 

Berikut ini adalah keajaiban sedekah di saat sulit :

Mendapat Pahala dan rezeki 

Hal ini seperti yang telah disampaikan melalui firman Allah SWT dalam QS Al-Baqoroh: 261

“Perumpamaan orang-orang yang melakukan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai. Tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugerah-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Ayat di atas menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan sedekah bahkan di saat sulit sekalipun akan mendapat limpahan pahala dan rezeki kepadanya. Jadi, tidak perlu takut untuk bersedekah dalam bentuk apapun. 

Mendapat Ampunan Atas Dosa-Dosa Kecil

Dalam hidup ini sebagai manusia tentu tidak terlepas dari dosa yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kita kadang tidak sadar bahwa telah banyak melakukan dosa-dosa kecil seperti menyakiti hati seseorang, bersikap iri hati dan membenci. Namun dengan melakukan sedekah di saat sulit, dosa-dosa kecil ini akan diampuni. Hal ini sudah dijelaskan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW bersabda;

“Sedekah akan menghapus dosa sebagaimana air dapat mematikan api.” (HR.Ibnu Majah Nomor 4200)

Baca Juga : Keajaiban Sedekah Rutin

Sedekah Yang Utama

Siapa bilang sedekah itu saat sudah kaya? Nyatanya, sedekah yang utama adalah sedekah di saat sulit. Hal ini sudah dijelaskan, dalam hadis yang membahas tentang keutamaan sedekah saat masa sulit.

Dari Abdullah bin Hubsyi Al Khots’ami dan Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW pernah mendapat pertanyaan tentang sedekah yang paling afdal. Beliau pun menjawab, “Sedekah dari orang yang serba kekurangan.” (HR An-Nasa’i. Syaikh Al-Abani).

Selain itu, penjelasan ini diperkuat dalam QS At-Talaq ayat 65 yang berbunyi : “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Sesungguhnya Allah tidak membebani seorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Tidak perlu takut dalam mengelurkan sedekah di saat sulit. Sedekah tidak harus dalam bentuk uang, Anda bisa bersedekah seperti berbagi makanan, tenaga hingga pikiran untuk membantu sesama. Karena, amal baik kita akan selalu tercatat dan menjadi amalan yang bisa menolong kita diakhirat kelak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *