Golongan Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Zakat adalah sesuatu yang wajib untuk dikeluarkan bagi muslim dengan syarat berkecukupan atau sudah mampu memenuhi kebutuhannya. Pada dasarnya setiap muslim memang diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk diri sendiri, keluarga atau orang lain yang menjadi tanggungannya seperti anak kecil, orang dewasa dan lainnya. Meski ada beberapa yang tidak wajib mengeluarkan zakat dan masuk ke dalam golongan yang berhak menerima Zakat Fitrah.

Zakat Fitrah ditunaikan satu tahun sekali dan dikeluarkan pada bulan ramadhan, waktu paling lambat adalah sebelum orang-orang selesai menunaikan Salat Ied. Ketika waktunya lewat dari yang sudah ditetapkan maka sudah tidak termasuk zakat lagi melainkan hanya sedekah biasa saja.

Berikut adalah syarat wajib bagi individu yang wajib membayar zakat fitrah:

  • Memiliki harta benda yang cukup seperti makanan atau hartanya dari keperluan tanggungannya pada malam dan pagi hari raya.
  • Anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan Ramadhan dan hidup selepas terbenam matahari.
  • Memeluk Islam sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadhan dan tetap dalam Islamnya.
  • Seseorang yang meninggal selepas terbenam matahari akhir Ramadan.

Adapun golongan yang berhak menerima Zakat Fitrah adalah sebagai berikut :

1. Fakir

Fakir merupakan golongan orang yang tidak memiliki pekerjaan serta harta yang layak untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. 

2. Miskin

adalah golongan orang yang memiliki pekerjaan dan harta namun tidak bisa sepenuhnya mencukupi kebutuhannya. 

3. Amil

Amil merupakan seseorang yang mengurus mulai dari penerimaan zakat sampai menyalurkannya kepada yang lebih membutuhkan.

4. Muallaf

Orang yang baru saja masuk islam atau menjadi mu’allaf wajib diberikan zakat agar orang tersebut semakin mantap dalam memeluk islam sebagai agamanya dan menyakini bahwa Allah adalah tuhannya serta Muhammad sebagai rasulNya.

5. Riqab (hamba sahaya atau budak) 

6. Gharim (orang yang memiliki banyak utang)

Gharim adalah orang yang memiliki hutang. Seseorang yang memiliki hutang juga wajib mendapatkan zakat namun apabila sumber hutangnya berasal dari hal yang negative seperti berjudi atau perbuatan maksiat lainnya, maka hak untuk mendapatkan zakat akan gugur.

7. Fisabilillah (pejuang di jalan Allah)

Fisabilillah adalah segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Seperti dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi. 

8. Ibnu Sabil (musafir dan para pelajar perantauan)

Orang-orang yang  sedang melakukan perjalanan jauh termasuk bekerja atau belajar jauh dari tanah kelahirannya berhak menerima zakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *