Makna Bulan Muharram yang Perlu Diketahui

Makna Bulan Muharram

Makna Bulan Muharram – Umat ​​Islam sangat senang merayakan Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharram 1443 H. Apa keutamaan Tahun Baru Islam atau bulan Muharram? Muharram adalah bulan penuh kemuliaan. 

Bulan Muharram sendiri memiliki keutamaan dan amalan sunnah yang jika diamalkan akan menuai pahala yang besar. Tahun Baru Islam bertepatan dengan munculnya perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW.

dalam beberapa hadits Rasulullah SAW menerangkan jika ada banyak ibadah yang sangat disarankan untuk dilaksanakan pada bulan Muharram.

Dalam hadits itu disebut jika tiap ibadah yang sudah dilakukan pada bulan Muharram itu akan dilipatkan pahalanya oleh Allah, dan mempunyai fadilah-fadilah tertentu.

Antara ibadah yang disunahkan pada bulan Muharram ialah berpuasa. Di mana puasa itu, menurut hadits, sebagai puasa yang paling penting sesudah bulan Ramadhan.

Dalam sebuah hadits 

جاء رجل إلى النبي ضلى الله عليه وسلم فقال: أي الصيام أفضل بعد شهر رمضان؟ قال:  شهر الله الذي تدعونه المحرم

Artinya, “Seseorang pernah datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘puasa apa yang lebih utama setelah puasa Ramadhan?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR. Ibnu Majah).

Pada sebuah kisah, Imam Al-Qurthubi sempat juga menerangkan mengenai hadits kelebihan puasa pada bulan Muharram itu. Beliau berkata:

إنما كان صوم المحرم أفضل الصيام من أجل أنه أول السنة المستأنفة فكان استفتاحها بالصوم الذي هو أفضل الأعمال

Artinya: “Alasan puasa Muharram lebih utama adalah dikarenakan awal tahun. Alangkah baiknya mengawali tahun baru dengan berpuasa, sebab puasa termasuk amalan yang paling utama.”

Dalam kisah lain, Imam Al-Syafi’i pernah menerangkan jika puasa pada bulan Muharram sangat disarankan khususnya di tanggal 9 (tasu’a), 10 (‘asyura), dan 11.

Tetapi, bila tidak bisa lakukan puasa pada 3 hari bulan Muharram itu, maka sebaiknya dia melakukan puasa pada tanggal 10 saja.

Disamping berpuasa, ibadah yang lain disarankan untuk dikerjakan pada bulan muharram menurut hadits ialah perbanyak memberikan sedekah kepada sanak keluarga, khususnya di hari ‘Asyura’ itu. Itulah makna bulan muharram yang wajib kita ketahui dan pahami sebagai umat islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *