Inilah Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Islam

keutamaan hari jumat

Keutamaan Hari Jumat – Ibadah pada hari Jumat sungguh istimewa. Karena keutamaan hari Jumat tampak tidak biasa dibandingkan hari biasanya, dan hari Jumat merupakan hari raya setiap minggu sekali.

Banyak amalan sunnah dan wajib yang dijalankan oleh umat islam terlebih demi memperoleh berkah di hari Jumat. Karena pada hari jumat terdapat berkah pahala yang berlipat dibanding hari lainnya bila mengerjakan berbagai kebaikan dan amal shaleh, termasuk pengampunan dosa dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.

Nabi Muhammad SAW juga sangat memuliakan hari Jumat, begitu banyak hadis yang menjelaskan terkait hal itu. Rasulullah SAW pun sangat memuliakan hari Jumat sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

Dibawah ini adalah amalan amalan yang sangat diutamakan pada hari Jumat :

1. Mandi Jumat

Mandi Jumat merupakan amalan yang mudah dilakukan dan hukumnya menjadi sunnah untuk siapa saja yang melakukan. Mandi dilakukan sebelum melakukan sholat Jumat, baik untuk laki laki dan perempuan.

Namun bila lebih memilih untuk melakukan sholat dzuhur di rumah terutama untuk perempuan maka hukumnya menjadi pembeda yaitu tidak disunnahkan.

Hadits riwayat Ibnu Hibban dari Ibnu Umar sebagai berikut: “Barangsiapa yang mendatangi shalat Jumat baik laki-laki maupun wanita maka hendaklah mandi.”

Terdapat hadits lain yang menyebutkan betapa mulianya seseorang yang menunaikan sholat jumat dengan ganjaran Allah mengampuni segala dosa dosa Nya selama 1 tahun.

Barang siapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas Jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan Imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.” (HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim).

2. Sedekah

Sedekah atau berbagi merupakan salah satu ajaran islam yang sangat membahagiakan dan menjadi contoh bagi penganut agama lain. Sedekah dapat diberikan dengan berbagai bentuk baik materi maupun berupa bantuan. Bahkan bagi umat islam tersenyum saja sudah merupakan sedekah.

Di hari jumat sangat dianjurkan untuk melakukan sedekah lebih banyak dibanding hari hari lain.

Ibnu Qayyim mengatakan, Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

3. Membaca Surah Al Kahfi

Amalan berikutnya yang merupakan keutamaan pada hari jumat adalah membaca surat Al-Kahfi. Hal ini sebagai pengingat  agar umat islam dapat istiqomah untuk menjaga bacaan Al Quran yang sering menyinggung hari kematian ini.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat.” Hadits diriwayatkan dan dishahihkan oleh Imam al-Hakim.

4. Perbanyak Bacaan Sholawat

Perbanyak bacaan Shalawat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW adalah keutamaan yang berikutnya.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi)

5. Banyak Berdoa

Tidak hanya bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, pada hari Jumat juga sangat dianjurkan untuk perbanyak memanjatkan doa kepada Allah SWT Sang pemilik Langit dan Bumi. Sebab hari Jumat merupakan salah satu waktu yang tepat untuk berdoa dan termasuk waktu yang diijabah oleh Allah SWT

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *