WAKAF RUMAH YATIM

Program pengelolaan wakaf dari para muwakif agar dapat memberi manfaat yang seluas-luasnya, digunakan untuk pembangunan asrama yatim terpadu serta sarana ibadah dan kegiatan belajar masyarakat

Selanjutnya dengan dilandasi niat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik khususnya bagi adik-adik yatim/piatu, maka kami memandang perlu diadakannya pembinaan yang lebih terarah kepada adik-adik yatim khususnya dalam masalah pendidikan, kesehatan, mental dan spiritual kepada mereka sehingga ketika kelak mereka menginjak usia remaja diharapkan mereka dapat menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, sehat, cerdas, mandiri dan kreatif. Dengan menjadi pribadi yang memiliki kualifikasi seperti tersebut diatas kami berkeyakinan bahwa untuk dapat sekedar hidup dengan layak bukanlah menjadi hal yang sulit bagi mereka.

Dalam rangka mewujudkan niat baik tersebut, maka pada tahun ini kami, Pengurus Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat (YKBIk)  berinsiatif membuka “Program Wakaf Tunai Indonesia Kuat” pembangunan Asrama Yatim dan Sarana Pendidikan dengan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melalui Program Wakaf Tunai.

Melalui Proposal ini kami mengajak masyarakat dan seluruh pihak untuk turut berpartisipasi membantu dan mensuksekan niat dan tujuan yang mulia ini. Semoga Allah berkenan meridhai niat baik kita dan memberikan kelancaran dalam proses pembangunan rumah yatim terpadu, amiin.

Waqaf/Wakaf berasal dari kata “waqofa” yaitu menahan suatu benda/harta untuk diwakafkan. Maksudnya adalah menahan harta dan memberikan manfaatnya di jalan Allah. Harta yang telah diberikan oleh pemberi wakaf/wakif kepada penerima wakaf/Nazhir adalah untuk selamanya, kepemilikannya berpindah atau dikembalikan kepada Allah SWT, harta tersebut bukan milik wakif dan bukan pula milik nazhir. Harta wakaf tidak dapat diperjualbelikan, dihibahkan, atau diwariskan, atau apapun yang dapat menghilangkan kewakafannya.

Contoh wakaf yaitu seperti mewakafkan sebidang tanah untuk dijadikan lahan makam penduduk setempat, wakaf bangunan untuk dijadikan masjid, sarana pendidikan, rumah panti yatim piatu, dan lain-lain.

Secara umum WAKAF disebut juga dengan SHODAQOH JARIAH yakni, suatu bentuk shodakoh yang  amal pahalanya terus mengalir sepanjang masa, selama wakaf itu bermanfaat bagi masyarakat, walaupun orang yang bershodaqoh sudah meninggal, sebagaimana hadits di bawah ini :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah salallahu ‘alaihi wassalam bersabda :“apabila anak Adam( manusia) meninggal dunia maka terputuslah amal perbuatannya, kecuali tiga perkara: sodakoh jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakanya.” (HR Muslim).

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. 3:92).

  • Tujuan

Wakaf Tunai  ini, bertujuan untuk :

  1. Pembangunan rumah yatim, masjid dan sarana penunjangnya.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan sosial, pendidikan, dan keagamaan
  3. Meningkatkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan generasi yang kuat.
  4. Meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan menjalin silaturahmi dan kemitraan dengan para pemerhati dan pecinta anak yatim.
  •  Objek Wakaf Tunai

Objek Wakaf Tunai adalah pembangunan rumah yatim terpadu beserta sarana penunjangnya diatas sebidang tanah yang terletak di Desa Cikahuripan Kec. Klapanunggal Kab. Bogor, seluas 1.009 M 2.

  • Detail Objek Tanah Wakaf  Tunai:

Jalan: Klapanunggal
Blok                         : 014
RT/RW                     : 02/01
Desa                         : Cikahuripan
Kecamatan               : Klapanunggal
Kabupaten                : Bogor
Provinsi                    : Jawa Barat
Luas Tanah              : 1.009 M2
Keterangan              : Tanah Milik
Keadaan Tanah       : Tanah Darat

  • Kondisi Lahan saat ini :

 

 

 

  • Rencana Pembangunan Rumah Yatim Terpadu

Rencana pemanfaatan lahan wakaf adalah untuk pengadaan sarana dan prasarana untuk peningkatan berbagai pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat, diantaranya di bidang sosial, kesehatan, pendidikan, dan keagamaan, untuk perwujudan program “Kampung Harapan” yang merupakan kawasan terpadu yang terdiri dari pembangunan :

– 2 Unit Bangunan Asrama Yatim / Piatu (Putra/i)
– 1 Unit Sarana Pendidikan
– 1 Unit Bangunan Masjid
– Sarana air bersih

  • Siteplan Pembangunan Rumah Yatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call
WhatsApp