MANFAAT PUASA DARI SISI KESEHATAN

Rasulullah Muhammad SAW bersabda:
“Berpuasalah kamu agar sehat”

Setelah 11 bulan “menimbun” kelebihan beban metabolisme tubuh dalam bentuk : kolesterol, trigliserida, asam urat, gula darah dan sel lemak (berat badan berlebih), sebulan berpuasa di bulan Ramadhan ini merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah SWT untuk menetralkan kelebihan beban metabolisme tubuh tersebut.

Puasa Ramadhan, merupakan salah satu metode dari intermittent fasting, dapat memberikan beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Perubahan dari fungsi sel, gen dan hormon selama berpuasa

  • kadar hormon insulin akan menurun dan kadar hormon glukagon akan meningkat : yang akan memfasilitasi pembakaran lemak.
  • Growth hormoneakan meningkat (dipicu oleh peningkatan kadar hormon ghrelin), yang akan memfasilitasi pembakaran lemak dan meningkatkan massa otot, menginduksi proses perbaikan sel-sel tubuh.
  • Ekspresi gen: terdapat perubahan bermanfaat dari gen dan molekul yang terkait dengan umur yang panjang, healthy aging, dan perlindungan terhadap penyakit seperti kanker dan infeksi.

2. Menurunkan Berat Badan dan Lemak Perut

Selain peranan hormon diatas, dalam keadaan puasa, hormon noradrenalin pun akan meningkat kadarnya, yang akan memecah lemak tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh sampai 14% dan akhirnya digunakan sebagai sumber energi saat berpuasa.

3. Menurunkan Resiko Menderita Diabetes Melitus Tipe

Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon adiponektin dan berkurangnya resistensi hormon insulin di sel otot dan sel hati.

4. Menurunkan Stres Oksidatif dan Proses Radang Pada Tubuh.

Hal ini dapat dijelaskan dengan adanya peningkatan kadar hormon steroid/glukokortikoid selama berpuasa.

5. Meningkatkan kesehatan Jantung dan Otak

Dengan adanya perbaikan dari kadar kolesterol (termasuk LDL, Kolesterol jahat), kadar gula darah dan level tekanan darah tubuh.

6. Menurunkan Resiko terjadinya Penyakit Pikun/Alzheimer’s Disease

Hal ini dikarenakan meningkatnya sensitifitas hormon insulin di sel-sel saraf otak.

Sumber:
Catatan Almarhum dr. Miftahurrachman SpPD KEMD-Finasim,wafat 18/05/19 di Bandung.

SELAMAT BERPUASA, mari kita maksimalkan keutamaan bulan Ramadhan ini untuk mendapatkan kesehatan paripurna dari jasmani dan rohani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call
WhatsApp